Penyaluran Bantuan untuk Warga Miskin

Puluhan fakir miskin di Kabupaten Purworejo mendapat santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purworejo. Santunan yang diberikan khusus kepada fakir miskin sejumlah Rp 12 Juta.

Wakil Ketua Baznas Purworejo, H. Muslihin Madiani berkesempatan memberikan bantuan kepada dua orang miskin di Desa Trirejo dan Desa Loano, Rabu (22/6/2016). Pihaknya memberikan uang tunai masing-masing Rp 500 ribu.
"Masing-masing anggota Baznas menyalurkan santunan yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Purworejo. Jadi saat ini saya yang berkesempatan untuk memberikan di sini," kata Muslihin saat memberikan bantuan kepada Markinah (73), warga Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Rabu (22/06/2016).
Lebih lanjut dikatakannya, Mbah Markinah dinilai sangat layak memperoleh santunan dari Baznas. Karena, diusianya yang sudah cukup tua, ia hidup sendirian di sebuah rumah yang terbuat dari anyaman bambu. "Terlebih saat ini kondisi beliau dalam keadaan sakit. Dan juga saat hujan lebat lalu, rumahnya juga sempat kebanjiran sehingga harus mengungsi di tempat anaknya yang tidak jauh dari rumah," katanya.
Dengan bantuan tersebut, sambung Muslihin, diharapkan mampu meringankan bebannya. Apalagi menghadapi lebaran ini. "Bantuan yang diberikan ini merupakan dana baznas yang berhasil di kumpulkan pada bulan Mei lalu. Awal Juli depan, kami juga akan kembali menyalurkan bantuan dari dana yang disetorkan oleh UPZ di masing-masing SKPD di Purworejo," tambahnya.

Selain menyalurkan bantuan kepada fakir miskin, pihaknya juga menyalurkan bantuan kepada para korban bencana longsor dan banjir di Purworejo. Ia mengaku Baznas Purworejo diberikan amanat oleh Baznas Provinsi Jateng untuk menyalurkan anggaran sebesar Rp 60 Juta. "Itu sedang dalam proses membagi kepada para korban bencana. Untuk korban meninggal dan yang rumahnya hancur kami berikan masing-masing satu juta rupiah. Sedangkan yang hilang kami berikan bantuan Rp 500 ribu," katanya.

Kontak Kami